Bahasa
Inggris kini diajarkan pada saat yang paling awal di Indonesia. Bahasa
Inggris telah diperkenalkan di sekolah SD. Seiring perkembangan
globalisasi dunia yang menuntut kemampuan bahasa Inggris untuk semua
orang dari berbagai bangsa di dunia. Tanpa menguasai bahasa Inggris,
seseorang tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain di negara lain. Itu
sebabnya, pendidikan bahasa Inggris telah diajarkan sebelumnya di
sekolah dasar.
Sebelumnya, bahasa Inggris pertama kali diajarkan di sekolah SMP. Ini akan menjadi akhir bagi anak untuk belajar bahasa Inggris di usia tersebut. Bahkan, penelitian Bahasa mengatakan bahwa belajar bahasa akan lebih baik dan lebih efektif diajarkan pada periode sebelumnya waktu.
Sebelumnya, bahasa Inggris pertama kali diajarkan di sekolah SMP. Ini akan menjadi akhir bagi anak untuk belajar bahasa Inggris di usia tersebut. Bahkan, penelitian Bahasa mengatakan bahwa belajar bahasa akan lebih baik dan lebih efektif diajarkan pada periode sebelumnya waktu.
Di
Indonesia, pendidikan bahasa Inggris di sekolah dasar sangat miskin.
Status subjek hanya subjek lokal. Ini tidak termasuk dalam mata
pelajaran nasional, subyek penting. Bahasa Inggris di sekolah dasar
tidak memiliki kurikulum yang jelas dan silabus. Dan itu diajarkan oleh
inkompetensi dan guru wajar tanpa pengecualian. Guru tidak memiliki
sertifikat kelulusan bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris sejauh
ini, tidak mencapai output optimal seperti yang diajarkan tanpa
perencanaan yang baik. Tidak ada dukungan dari pemerintah tentang
pendidikan bahasa Inggris di sekolah dasar. Pemerintah masih tidak
memberikan kurikulum yang standar dan silabus. Ada banyak guru yang
bingung tentang bagaimana mengajar Bahasa Inggris di sekolah Dasar.
Ada
banyak sekolah SD yang mengajar Bahasa Inggris. Tapi bahasa Inggris
diajarkan mereka tanpa perencanaan yang baik, tanpa kurikulum yang baik
silabus dari Guru. Akhirnya mereka mengajarkan yang mereka bisa saja.
Mereka tidak peduli apakah itu benar atau salah. Jadi wajar tanpa
pengecualian banyak guru yang bingung untuk mengajar, cara mengucapkan
kata-kata tertentu, kalimat. Apa pendidikan yang miskin itu. Bahkan, ini
adalah kondisi sebenarnya dari pendidikan bahasa Inggris terutama di
sekolah dasar di Indonesia.
Pertanyaannya adalah, Mengapa pemerintah Indonesia membiarkan ini terjadi? Seperti kita ketahui bahwa bahasa Inggris di sekolah dasar adalah dasar pembelajaran. Jika diajarkan oleh seorang guru wajar tanpa pengecualian yang tidak memiliki latar belakang pendidikan bahasa Inggris, maka akan berakibat fatal. Guru akan memberikan konsep yang salah dari materi bahasa Inggris. Dan itu juga membosankan jika guru tidak menguasai metode yang tepat dalam mengajar bahasa Inggris. Akhirnya para siswa yang diajarkan, akan memberikan respon yang salah dan citra yang salah bahwa Inggris bukanlah suatu hal yang menarik.
Pertanyaannya adalah, Mengapa pemerintah Indonesia membiarkan ini terjadi? Seperti kita ketahui bahwa bahasa Inggris di sekolah dasar adalah dasar pembelajaran. Jika diajarkan oleh seorang guru wajar tanpa pengecualian yang tidak memiliki latar belakang pendidikan bahasa Inggris, maka akan berakibat fatal. Guru akan memberikan konsep yang salah dari materi bahasa Inggris. Dan itu juga membosankan jika guru tidak menguasai metode yang tepat dalam mengajar bahasa Inggris. Akhirnya para siswa yang diajarkan, akan memberikan respon yang salah dan citra yang salah bahwa Inggris bukanlah suatu hal yang menarik.
Idealnya,
bahasa Inggris harus diajarkan oleh guru yang berkualitas. Pemerintah
Indonesia harus memberikan standar yang jelas dan tepat dari bahasa
Inggris Kurikulum dan silabus di sekolah dasar. Pemerintah harus
merekrut guru bahasa Inggris yang berkualitas. Selain itu pemerintah
harus mendukung pengajaran bahasa Inggris belajar di sekolah dasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar